Mau Pencernaan Sehat Coba Teh Adas

Adas bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk dan menyehatkan pencernaan, dengan cara menyeduhnya seperti membuat teh herbal. (pixabay)
Adas bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk dan menyehatkan pencernaan, dengan cara menyeduhnya seperti membuat teh herbal. (pixabay)

LapakmusikNews.com – Adas yang dalam bahasa Inggris disebut fennel, fenkel,atau sweet fennel, bukan rempah asing bagi dapur masakan Indonesia.

Beberapa jenis masakan seperti gulai dan kari, rata-rata memakai adas untuk bumbu rempahnya. Adas memiliki aroma wangi yang lembut dan agak manis, sehingga rempah ini sering disebut adas manis.

Bukan hanya di Indonesia, kuliner India dan Thailand juga memakai adas untuk bumbu masakannya. Di India, adas disebut badi saunf, dibaca ‘bade saumph’.

Baca Juga: Minum Teh Herbal Sebaiknya Jangan Pakai Gula

Sementara kuliner Thailand menyebutnya phong karee. Di kedua negara ini adas selain dipakai untuk bumbu masakan, digunakan juga sebagai teh herbal.

Sebagai tanaman obat, adas dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan, mengobati batuk, sesak napas, perut kembung, kram perut, dan meringankan nyeri haid atau dismenore.

Seluruh bagian tanaman adas bisa dimanfaatkan. Daun, bunga, biji, batang dan akar tanaman adas semuanya memiliki fungsi diuretik yaitu melancarkan buang air kecil.

Baca Juga: Yang Sakit Maag, Diabetes, Ibu Hamil Ayo Makan Umbi Garut

Minyak dan buah adas memiliki fungsi antibakteri, memudahkan buang angin atau antiflatulen, mencegah cacingan karena memiliki fungsi antelmintik, serta mengandung stimulan alami.

Begitu juga buah dan daun adas, mengandung zat antinyeri, memudahkan pengeluaran dahak pada batuk, memacu kerja enzim pencernaan, dan merangsang produksi ASI bagi ibu menyusui.

Bagaimana cara membuat teh adas? Seduh daun adas dalam 1 cangkir air mendidih. Bila memakai daun adas kering, gunakan takaran 2 sendok teh untuk satu cangkir. Diamkan seduhan selama 10-15 menit, kemudian saring dan siap diminum.

Untuk mengobati batuk, tumbuk 5 gram biji adas, kemudian seduh dengan 500 ml air mendidih. Diamkan seduhan selama 10-15 menit, kemudian saring, beri madu, dan siap minum.***