Begini Aturan Berwisata ke Malioboro di Malam Tahun Baru

Jalan Malioboro menjadi destinasi menarik bagi wisatawan untuk menghabiskan malam Tahun Baru. (Instagram @malioboro_insta)
Jalan Malioboro menjadi destinasi menarik bagi wisatawan untuk menghabiskan malam Tahun Baru. (Instagram @malioboro_insta)

LapakmusikNews.com, Kawasan Jalan Malioboro Kota Yogyakarta pada masa pergantian tahun pasti ramai dengan pengunjung.

Titik keramaiannya biasanya mulai dari Tugu Pal Putih sampai di titik Nol Kilometer Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Menjelang pergantian tahun ini, Kepolisian Resor Kota Yogyakarta telah membuat aturan yang berlaku di kawasan wisata Jalan Malioboro. Tepatnya pada saat malam tahun baru 31 Desember 2021

Pada malam tahun baru Jalan Malioboro tidak akan ditutup.

Tetapi semua kendaraan yang melintas dilarang berhenti untuk menurunkan dan menaikan penumpang, agar tidak terjadi kemacetan.

Untuk penerapan aturan tersebut, di sepanjang Jalan Malioboro akan ditempatkan petugas sebagai barikade agar tidak terjadi pelanggaran.

Pihak Kepolisian Resor Kota Yogyakarta juga menimbang aturan yang mengizinkan semua kendaraan boleh melintas di kawasan Jalan Malioboro.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan untuk menghindari terjadinya kerumunan orang yang datang ke Jalan Malioboro pada saat malam tahun baru dan mencegah penularan Covid-19.

Kepala Polresta Yogyakarta Komisaris Besar Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan kawasan yang diizinkan dilintasi kendaraan tidak hanya Jalan Malioboro saja.

Tetapi mulai dari kawasan Tugu Pal Putih sampai Titik Nol Kilometer juga bisa dilintasi.

Untuk kendaraan ojek online yang selama ini membawa penumpang dan menurunkan di titik yang memicu kemacetan seperti di depan Mal Malioboro, polisi akan mengatur titik penurunannnya di lapangan.

Untuk menuju ke Jalan Malioboro yang biasanya bisa diakses dari dua jalur lewat Jalan Mataram dan dari arah Kotabaru, saat malam tahun baru hanya bisa diakses satu jalur yaitu lewat Jalan Mataram.

Sementara untuk titik-titik yang berpotensi terjadi kerumunan seperti di Titik Nol Kilometer atau Kantor Pos Besar Yogyakarta, di sisi trotoarnya akan diberi pagar keliling.

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan pihaknya telah menyiapkan strategi untuk menghindari terjadinya kerumunan orang saat libur Natal dan malam tahun baru.

Mulai dari mematikan lampu taman sampai mematikan wifi Malioboro.

Sementara Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas Covid-19 DIY Noviar Rahmad mengatakan petugasnya akan membubarkan berbagai bentuk kerumunan di sepanjang Tugu, Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer sampai Alun-Alun Utara Yogyakarta***