Ilmuwan AS Temukan Perangkat Mini Deteksi Covid-19 di Udara

Perangkat kecil ini dapat menilai paparan virus corona di udara dan melacak titik panas virus di tempat umum, tempat kerja, dan jalan-jalan. Foto: SWNS
Perangkat kecil ini dapat menilai paparan virus corona di udara dan melacak titik panas virus di tempat umum, tempat kerja, dan jalan-jalan. Foto: SWNS

LapakmusikNews.com – Baru-baru ini para ilmuwan Amerika Serikat (AS) telah menciptakan perangkat kecil yang bisa dijepitkan atau clip on pada pakaian sebagai alat pendeteksi paparan pemakainya terhadap Covid-19.

Perangkat sampler udara ini dapat dipakai untuk menilai paparan virus corona di udara dan melacak titik panas virus di tempat umum, tempat kerja, dan di jalanan.

Perangkat sampler udara ini mengambil partikel batuk dan bersin ke udara untuk membantu mengetahui di mana Covid-19 menyebar di udara.

Baca juga: YouTube akan Luncurkan Fitur Smart Downloads

Masker, jarak sosial, kebersihan, dan ventilasi dapat membantu mengurangi penularan Covid-19 di tempat-tempat umum, tetapi bahkan dengan langkah-langkah ini, virus itu masih mengudara di dalam ruangan.

Keberadaan klip sampler udara pasif yang dikembangkan ilmuwan AS ini tentu diharapkan dapat membantu menilai paparan virus Covid-19 terhadap individu.

Perangkat mungil juga diharapkan ini bisa sangat membantu bagi pekerja kunci dalam pekerjaan garis depan berisiko tinggi, seperti di rumah sakit, panti jompo, dan perhotelan.

Baca juga: Begini Fitur Baru WhatsApp untuk Berbagi Video dan Gambar

Covid-19 terutama ditularkan melalui menghirup aerosol yang mengandung virus dan tetesan pernapasan yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi melalui batuk, bersin, berbicara atau bernapas.