Ayo Kurangi Karbohidrat

Namun, ketika asupan nasi berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas dan resistensi insulin atau diabetes. Foto: Instagram makan_siangkam
Namun, ketika asupan nasi berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas dan resistensi insulin atau diabetes. Foto: Instagram makan_siangkam

LapakmusikNews.com – Selain memaksakan tubuh untuk bergerak minimal 30 menit sehari, mengurangi konsumsi karbohidrat juga dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

Bila dikonsumsi secara berlebihan, nasi bisa menaikkan kadar gula dalam tubuh yang kemudian memicu tubuh menjadi lebih cepat lelah dan terus merasa lapar.

Bukan hanya itu, konsumsi nasi yang berlebihan juga berarti mendorong produksi tanaman padi semakin besar.

Akibatnya, bisa semakin banyak alih fungsi lahan dari hutan menjadi sawah, yang dampaknya juga buruk bagi lingkungan hidup.

Dari segi nutrisi, nasi putih adalah sumber karbohidrat yang juga mengandung zat gizi mikro dan protein.

Namun, ketika asupannya berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas dan resistensi insulin atau diabetes.

Data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ketujuh dunia sebagai negara dengan kasus diabetes terbanyak.

Dokter Alvi Muldani, dokter dan relawan di Yayasan Alam Sehat Lestari (Asri), mengatakan faktor penyebab penyakit diabetes di Indonesia, di antaranya konsumsi kalori lebih besar dibandingkan kebutuhan dan kurangnya aktivitas tubuh seperti mengkonsumsi nasi berlebih namun tidak diiringi aktivitas fisik yang cukup.