Warga Tionghoa di Solo Pasang 1.000 Lampion

1.000 lampion sudah terpasang di beberapa titik, seperti di depan Balai Kota dan seputar Pasar Gede (Youtube Team Paradise)

LapakmusikNews.com –  Beberapa hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573/2022, warga Tionghoa di Solo mulai memasang berbagai pernak-pernik. Sedikitnya 1.000 lampion sudah terpasang di beberapa titik, seperti di depan Balai Kota dan seputar Pasar Gede.

Ketua Panitia Imlek Bersama 2573/2022 Sumartono Hadinoto mengatakan, tahun ini pihaknya telah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Kota Solo agar mengadakan perayaan Imlek meskipun terbatas. Kondisi saat ini memang belum terbebas dari pandemi Covid-19.

“Dua minggu lalu Pak Wali dan Wawali mampir ke PMS (Perkumpulan Masyarakat Surakarta). Pak Wali merasa bahwa kondisi pandemi ini sudah menurun. Dan katanya event di Solo harus segera dimulai walaupun dengan adaptasi kebiasaan baru. Jadi tidak seperti tahun-tahun sebelum adanya pandemi,” ujar Sumartono.

Pertemuan itu telah menyepakati peringatan Imlek secara terbatas. Ada beberapa kegiatan yang dihilangkan, karena melibatkan massa dan berpotensi menimbulkan kerumunan, di antaranya Grebeg Sudiro yang melibatkan ratusan warga sejumlah etnis.

“Kali ini hanya pemasangan lampion. Itu pun yang biasanya 5.000 lampion, kami hanya memasang 1.000. Lokasinya di halaman Balai Kota, kemudian di jembatan depan Balai Kota dan jembatan baru dari Ketandan menuju Mayor Kusmanto,” jelasnya.

Selain 1.000 lampion, panitia juga memasang 2 lampion shio macan dan lampion Dewa Rezeki di seputar Balai Kota dan Pasar Gede. Ribuan lampu tradisional itu akan dinyalakan mulai 30 Januari hingga 15 Februari.

“Lampion shio, kami tahun ini membuat lampion khusus tahun harimau atau tahun macan yang panjangnya 5 meter akan dipasang di halaman Balai Kota. Depannya seperti biasa ada Dewa Uang/Rezeki,” terangnya.

Peringatan Imlek tahun ini juga akan diisi dengan kegiatan donor darah pada 6 Februari 2022. Pihaknya menargetkan 200 peserta akan hadir.

Puncak acara akan dimeriahkan dengan perayaan Cap Go Meh bersama Pemkot Solo di Pendapi Gede pada tanggal 15 Februari malam.